Ranu Kumbolo [Song of the Water on the hill’s side]

Ranu Kumbolo adalah danau yang terletak di gunung Semeru. Danau ini menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTS). Tepatnya berada di jalur pendakian Gunung Semeru (3676 Mdpl), gunung tertinggi di pulau Jawa. Seperti Danau Kawah Ijen, Segara Anak Rinjani, dan Danau Toba, Ranu Kumbolo merupakan salah satu danau indah yang berada di ketinggian, dan menjadi bagian dari gunung berapi yang termasuk bagian dari Ring of Fire Indonesia. keindahannya benar-benar mempesona.

Photo by. Agoessam

Ranu Kumbolo merupakan salah satu pos peristirahatan favorit saya ketika sedang mendaki Gunung Semeru. Tanah lapang yang luas di pinggiran danau, suasana yang tenang, dan keindahan alam yang tersaji di sekitarnya merupakan alasan utama saya untuk membuka tenda di tempat ini sebelum kembali melanjutkan perjalanan panjang mencapai puncak Gunung Semeru (Puncak Mahameru, Kawah Jonggring Saloka).

Berada di Ranu Kumbolo kita seakan-akan diajak berfantasi bahwa inilah tempat terindah di dunia. Bagaimana tidak, di tengah ketinggian, dalam suasana yang sunyi, dan udara dingin yang menusuk kulit, adakah yang lebih indah daripada memandangi hamparan luas air danau berwarna kehijauan yang kadang beriak tenang saat permukaannya “tertampar” halus tiup angin? Belum lagi saat tiupan angin gunung menerpa daun-daun cemara hutan (Casuarina jungjuhniana) yang tumbuh berjejer rapi di sekelilingnya menimbulkan suara bak nyaian alam yang menggetarkan jiwa. Syahdu. Sangat. [coba simak video dibawah ini]

Jika semua itu belum cukup, bermalamlah di tempat ini, lalu bangunlah pagi-pagi sekali, dan tunggu matahari terbit. Sinar jingga kemerahan sang mentari ketika mulai menerangi bumi menembus melalui celah perbukitan di salah satu sudut Ranu Kumbolo, memantulkan cahaya keemasan, menyorot indah siluet pemandangan alam sekitar yang memantul di permukaannya. Sebuah momen yang membuat siapa pun menyaksikannya pasti sangat bersyukur bahwa Sang Pencipta telah menaruh tempat yang sangat indah ini di bumi khatulistiwa, negeri kita tercinta, Indonesia…. (bersambung…)

photo by. agoessam

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: